Kepala Program Keahlian

Fifilia ferentina zam zam. S. Kom

Rekayasa Perangkat lunak (Software Engineering) merupakan salah satu kompetensi dibawah bidang keahlian Teknik Komputer dan Informatika.

RPL sendiri mempelajari tentang pengembangan pembuatan aplikasi baik website maupun mobile(android) selain itu RPL di SMK Bhakti Mulia Pare.

Tidak hanya berfokus terkait ilmu pemrograman dan desain UI/UX dalam pembuatan aplikasi saja, jurusan RPL juga mempelajari bidang ilmu teknologi informasi lainnya seperti desain Corel dan Photoshop,aplikasi perkantoran Ms. Office, Jaringan Dasar serta Editing Video.

Sehingga siswa smk lulusan RPL bisa menguasai bidang teknik komputer dan informatika serta bisa masuk ke semua lini/devisi kerja yg dibutuhkan di dunia industry.

1. Kegiatan guru tamu

Kegiatan guru tamu ini menghadirkan narasumber dari luar sekolah misalnya dari dunia usaha/dunia industri/ praktisi/ profesional/ komunitas dengan kompetensi yang terkait dengan Kompetensi Keahlian untuk berbagi ilmu pengetahuan serta pengalamannya di dunia usaha/dunia industri agar dapat memperkaya pengetahuan, memotivasi dan menginspirasi agar siswa/i dapat menyiapkan diri sebelum memasuki dunia usaha/dunia Industri.

 

2. Kunjungan Industri

Dengan adanya kegiatan kujungan industri ini diharapkan siswa/i dapat melihat langsung bagaimana pengimplementasian ilmu-ilmu RPL di dunia industri atau perusahaan. Dunia industri atau Perusahaan yang menjadi target Kunjungan Industri tentunya yang sejalur dengan jurusan dan kompetensi RPL.

 

3. Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Lulusan jurusan RPL SIAP KERJA, hal ini ditunjang dengan adanya salah satu kegiatan yang disebut dengan PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN). PRAKERIN yang diikuti oleh peserta didik RPL dilakukan kurang lebih selama 6-4 bulan ditempatkan di dunia industry atau perusahaan yang sudah kerjasama dengan pihak sekolah. Adapun tujuan dari PRAKERIN ini adalah untuk memberikan pelajaran secara langsung kepada peserta didik yang berhubungan dengan dunia kerja karena ketika siswa/i melakukan PRAKERIN maka secara langsung siswa/i tersebut bagian dari dunia industri atau perusahaan tersebut. Sehingga siswa/i tersebut mempunyai skill, knowledge, attidude yang baik, membuat siswa/i mempunyai bekal untuk terjun didunia kerja ketelah lulus sekolah.

 

4. UJIKOM (UJI KOMPETENSI)

Ujikom menjadi bahan evaluasi sejauh mana skill siswa/i dalam membuat sebuah project programming yang kompeten. Dalam pelaksanaan UJIKOM ini jurusan RPL melibatkan DUDI/ Perusahaan yang berkompeten di bidangnya.